Dari Masa ke Masa: Sejarah Jurangmangu dan Perubahannya di Pondok Aren

Jurangmangu, sebuah wilayah di Kota Tangeran Selatan kecamatan Pondok Aren, Banten, Indonesia. Dahulu merupakan daerah yang sangat terpencil dan cukup jauh dari pusat kota. Nama Jurangmangu diambil dari kata jurang yang berarti lembah, dan mangu yang merupakan tanaman yang tumbuh di sekitar lembah tersebut.

Wilayah yang diyakini sudah di tempati sejak jaman penjajahan Belanda ini, merupakan daerah yang digunakan sebagai lahan perkebunan dan perladangan oleh masyarakat setempat.

Perkembangan pesat Jurangmangu setelah kemerdekaan menjadikannya kawasan yang cukup strategis dengan banyaknya perumahan, pusat perbelanjaan, tempat hiburan dan kuliner. Juga menjadi jalur utama yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor. 

Memiliki akses yang cukup banyak dan mudah, menjadikan tempat ini tujuan wisata atau bahkan tempat untuk tinggal yang cukup strategis. Dilalui oleh tol Jakarta-Tangerang-Serpong dan juga memiliki stasiun kereta api lokal yang sudah cukup di kenal oleh masyarakat, semakin mempermudah warga bahkan orang untuk bepergian.

https://kumparan.com/agung-han/stasiun-jurangmangu-semakin-hijau-1xd8nerJ8Wz

Belum lama ini, terdapat terowongan yang didirikan untuk menghubungkan stasiun Jurangmangu dengan kawasan Bintaro Xchange. Menjadikannya daya tarik tambahan bagi kota Tangerang Selatan, serta mempermudah warga untuk bepergian dari Stasiun Jurangmangu ke kawasan Bintaro Jaya Xchange. Bernama Jurangmangu Tunnel, terowongan sepanjang 150 meter dengan nuansa modern memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang melintasinya. Keindahan Sunken Plaza, menyambut para pengguna di ujung terowongan. Terowongan ini hanya beroperasi sesuai jam operasional Comuterline 04.00-00.00`WIB.

Selain tempat hiburan, wilayah ini juga memiliki banyak fasilitas pendidikan baik milik swasta ataupun pemerintah. Mulai dari tangkat SD sampai perguruan tinggi. Dan juga memiliki banyak komplek perumahan, menjadikan wilayah ini semakin menjadi tempat yang sangat diminati, bukan hanya untuk liburan, tetapi juga untuk tempat tinggal dan pendidikan.

Selain itu, banyaknya tempat untuk berwisata kuliner di daerah ini menjadikan wilyah ini terbilang tidak pernah sepi. Mulai dari kuliner UMKM hingga resto-resto besar dan mewah hadir di wilayah ini. 

Baru baru ini juga ada resto yang baru saja melakukan Grand Opening, resto yang menyajikan burger yang sangat premium, enak dan murah. Barburger by Barapi Meat & Grill  atau biasa dikenal Barburger. Resto ini restoran burger pertama yang mengusung konsep open kitchen. 

Apasi Barburger itu?

BARBURGER adalah segenap hal tentang kecintaan terhadap burger. Restoran dengan gaya open kitchen bar dan open-24 hour pertama kali di Indonesia ini menyajikan ragam gourmet style burger, halal hotdog, fried chicken dan berbagai menu lezat lainnya. Diramu dan disajikan melalui dapur yang bersih terbuka, terang dan higienis, restoran ini memanjakan pecinta kuliner fastfood mulai dari mata, rasa hingga jasa dengan kelezatan beragam premium quality burger yang dibalut dengan layanan cepat, hangat dan ramah, membuat siapapun penikmatnya merasa muda, senang selamanya.

Saat ini, terdapat 15 cabang Barburger melayani para pecinta kuliner burger di Jakarta dan Tangerang, dengan memulai pembukaan kemitraan di tahun pertengahan 2023, sekaligus segera dibukanya beberapa cabang di Jakarta Raya, brand ini akan segera memperluas cabang dan layanannya ke seluruh wilayah Indonesia.

Grand Opening Barburger Ceger
kitchen Barburger Ceger Jurangmangu
Depan Store Barburger Ceger
Lucky Draw Barburger Ceger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *