9 Tips Puasa Bagi Penderita Maag Agar Ibadah Ramadhan Berjalan Lancar

Tips Puasa Bagi Penderita Maag

Pernah nggak kamu merasakan perut yang sangat sakit karena asam lambung naik alias maag sedang kambuh? Saat bulan puasa Ramadhan, pasti kamu bingung harus bagaimana. Kamu ingin berpuasa dengan lancar tapi disisi lain kamu khawatir perutmu kambuh. Tentu, ada 9 tips cerdas ala Barburger by Barapi Meat & Grill yang bisa kamu lakukan agar sakit maag bisa berkurang dan ibadah semakin lancar. Langsung saja cekidot!

  • Tip #1: Jangan Asal Makan

Ketika kamu sahur dan buka puasa, pilihlah makanan yang bisa meredakan gejala maag. Ada beberapa makanan yang direkomendasikan seperti makanan tinggi serat. Contohnya seperti oatmeal, beras merah, biji-bijian, roti gandum, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan. Bisa juga makan makanan rendah lemak, seperti daging sapi tanpa lemak, ikan, dan ayam tanpa kulit (terutama dada ayam). Atau makanan yang mengandung probiotik, seperti yoghurt, tempe, tahu, miso, dan kimchi. Dan tentunya buah-buahan yang tidak asam, seperti pisang, pir, apel, melon, dll.

  • Tip #2: Hindari Pemicu Gejala Maag

Saat sahur dan buka puasa, sebaiknya kamu menjauhi makanan dan minuman yang bisa mengiritasi lambung. Misalnya saja makanan mengandung asam seperti jeruk, lemon, dan tomat, baik dalam bentuk buah maupun jus. Termasuk juga makanan pedas, makanan berlemak, seperti rendang, gorengan, dan sayur lodeh, minuman ringan dan yang mengandung kafein seperti kopi. Mengapa? Karena makanan dan minuman tersebut selain menyebabkan maag, juga bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung alias GERD.

  • Tip #3: Jangan Makan Terlalu Banyak

Siapa nih yang suka makan banyak saat berbuka? Karena saking laparnya kamu sampai berlebihan saat maghrib tiba. Waduh! Padahal makan banyak sekaligus bisa membuat perut terlalu kenyang dan memicu rasa kenyang hingga berujung maag. Bagi penderita maag, mending kamu jangan makan terlalu banyak dalam satu waktu ya! Kamu bisa mulai makan makanan ringan sebelum makan berat. Misalnya, makan pisang atau kue saat berbuka dan kemudian makan berat setelah tarawih. Tak hanya mulas, makan berlebihan saat sahur dan berbuka puasa juga bisa menjadi dalang kenaikan berat badan saat berpuasa.

  • Tip #4: Kunyah Makanan dengan Perlahan

Saat sahur, kamu mungkin makan terburu-buru, terutama ketika bangun terlambat mendekati imsak. Tapi tahukah kamu bahwa kebiasaan makan ini menjadi pemicu sakit maag? Menghabiskan makanan terlalu cepat bisa membuat banyak udara masuk ke saluran pencernaan. Akibatnya, mulas bisa terjadi. Oleh karena itu, mengunyah makanan secara perlahan termasuk tips puasa bagi penderitanya yang perlu diterapkan. Solusinya, ya kamu harus bisa bangun lebih awal agar makan bisa lebih tenang ya!

  • Tip #5: Hindari Merokok dan Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Jika kamu seorang perokok, berhenti merokok selama bulan Ramadhan. Mengapa? Karwna rokok bisa meningkatkan risiko sakit maag dan asam lambung (GERD). Mengkonsumsi obat pereda nyeri (analgesik) secara teratur juga dapat menyebabkan iritasi pada lambung, apalagi saat perut kosong saat puasa. Ini akan meningkatkan risiko sakit maag. Jika kamu mengalami nyeri dan membutuhkan obat pereda nyeri, periksakan ke dokter terlebih dahulu. Dokter kamu dapat memberikan obat pereda nyeri yang aman untuk perut kamu.

  • Tip #6: Konsumsi Obat Maag dengan Benar

Jika kamu sedang mengonsumsi obat sakit maag, perhatikan jadwal yang tepat untuk meminumnya. Obat ini umumnya diminum sebelum makan. Artinya, minum obatnya sekitar 30 menit sebelum sahur atau makan besar saat berbuka. Jika dokter menganjurkan agar kamu minum obat maag 1-2 kali sehari, lakukan langkah ini saat kamu sahur dan berbuka puasa. Dan jika obat maag perlu dikonsumsi 3-4 kali per hari, ada baiknya menanyakan hal ini ke dokter sebelum bulan puasa dimulai. Dokter mungkin bisa menggantinya dengan jenis obat yang bekerja lebih lama. Jika kamu masih merasakan gejala maag meskipun telah menerapkan jadwal pengobatan yang sesuai, kembalilah ke dokter.

  • Tip #7: Hindari Stres

Menahan emosi adalah salah satu tujuan Ramadhan. Jadi cobalah untuk mengontrol emosi kamu dan mengelola stres kamu dengan langkah-langkah positif. Selain meningkatkan pahala, mengendalikan stres juga bisa menjadi tips puasa yang baik bagi penderita maag. Pasalnya, langkah ini termasuk salah satu cara untuk mengurangi risiko sakit maag. Untuk menghindari stres, kamu bisa beristirahat saat merasa lelah. Bisa juga menerapkan teknik relaksasi, seperti meditasi, latihan pernapasan, dan yoga, melakukan hobi, maupun berbagi cerita dengan orang-orang terdekatmu.

  • Tip #8: Jangan Tidur Setelah Makan

Kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur karena kantuk tidak tertahankan ini menjadi salah satu pemicu sakit maag dan mulas. Idealnya, kamu perlu menunggu 2-3 jam setelah makan. Tujuannya agar makanan sudah dicerna dan mengalir dari lambung ke usus halus. Tapi kalau rasa kantuk tidak tertahankan lagi bagaimana dong? Well, kamu bisa mencoba tidur dengan posisi kepala ditinggikan. Misalnya, menopang kepala dengan dua bantal atau tidur setengah duduk. Posisi tidur ini dapat membantu mencegah makanan naik kembali ke kerongkongan. Dengan ini, gejala seperti mulas dan mulas bisa dihindari.

  • Tip #9: Jangan Langsung Olahraga Setelah Makan

Olahraga memang penting tapi kamu harus melakukannya dengan benar ya! Tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan, termasuk setelah kamu makan atau berbuka. Karena itu, jangan langsung berolahraga setelahnya. Kamu bisa berolahraga setidaknya 1-2 jam setelah makan. Sedangkan jika hanya makan snack atau makanan ringan, kamu bisa menunggu sekitar 30 menit. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari gangguan pencernaan seperti muntah, sakit perut atau kram, mulas, hingga GERD.

Bingung Mau Makan Apa Saat Sahur dan Buka Puasa? Barburger Buka 24 Jam!

Nah, itu tadi tips puasa lancar meski sedang menderita maag. Barburger by Barapi mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ya! Kalau kamu bingung cari takjilan, atau menu berbuka dan sahur yang siap makan, langsung pesan menu premium Barburger Jakarta ya! Ada banyak promo selama bulan Ramadhan yang pasti bikin kamu makin hepi dan semangat menjalani ibadah puasa. Tidak hanya burger premium yang juicy dan gourmet saja, kamu juga bisa memesan menu lain seperti hotdog halal, chicken wrap, rice and pasta, hot spicy wings, fried chicken, dan minuman menyegarkan.

 

Udah rasanya enak, bahan bakunya berkualitas premium, daigngnya tebel dan juicy, bumbunya khas western banget, harganya terjangkau, banyak promo lagi. Yuk berbagi kebahagiaan dengan berbagi makanan enak seperti Barburger ^-^

YUK ORDER MENU BUKA DAN SAHURNYA DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *