Momentum Kemerdekaan, Ini 6 Tips Menanamkan Nasionalisme pada Anak

Dirgahayu Republik Indonesia

Hari ini, kita merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain merayakannya, pastinya menanamkan nasionalisme pada anak juga penting. Mempercayakan sekolah dalam hal pendidikan moral dan sejarah bagi anak-anak tentu tidak cukup. Sebagai orang tua, kita wajib menanamkan pandangan yang positif, optimis dan cinta terhadap bangsa dan negara.

Peran orang tua diperlukan karena dari lingkungan terdekat anak. Keluarga berperan membentuk sikap dan cara pandangnya terhadap bangsanya. Yuk simak beberapa tips praktis dari Barburger by Barapi untuk orang tua agar sikap nasionalisme pada anak bisa berkembang. Langsung kepoin yuk!

Menggunakan Produk dalam Negeri

Anak-anak bisa dilibatkan dan dikenalkan menggunakan barang atau produk hasil karya anak bangsa. Salah satu contohnya adalah memakai baju batik. Dengan menggunakan baju batik sekeluarga, orang tua bisa mengajak anaknya mencintai karya-karya Indonesia.

Bahkan orang tua bisa mengajak anaknya untuk datang ke sentra batik dimana anak bisa belajar membatik dengan canting. Selain batik, kain seperti kebaya, sarung, dan ulos juga bisa digunakan dan dikenalkan oleh orang tua agar anak lebih bangga dengan Indonesia.

Memperkenalkan Sejarah Indonesia

Kisah pahlawan nasional sangat menarik untuk dikenalkan kepada anak-anak karena anak-anak dapat mengetahui perjuangan dan pengorbanan para pahlawan karena rasa nasionalisme dan kecintaannya terhadap bangsa dan negara. Sehingga sekarang kita bisa hidup bebas, damai dan tentram tanpa perang.

Namun, perlu dicatat bahwa penjelasan diberikan sesuai dengan usia pemahaman. Salah satu cara efektif yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengajak anaknya jalan-jalan ke museum, seperti Museum Nasional, Museum Proklamasi, Museum Sumpah Pemuda yang berlokasi di Jakarta.

Selain melihat diorama perjuangan para pahlawan, anak-anak bisa belajar tentang perjalanan bangsa ini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Sehingga sangat perlu mengajarkan sejarah bangsa kepada anak-anak agar dapat menanamkan sikap nasionalisme pada diri mereka.

Memperkenalkan Berbagai Budaya Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan warisan budaya dan adat istiadat dari Sabang sampai Merauke. Orang tua dapat memperkenalkan budaya keluarga mereka sendiri. Banyak sekali yang bisa dieksplorasi dan diperkenalkan kepada anak-anak mulai dari lagu, bahasa, pakaian khas, makanan, rumah hingga cerita rakyat yang berasal dari daerah asal orang tuanya.

Dongeng rakyat sangat bagus dan sarat makna untuk diajarkan kepada anak-anak ketimbang dongeng dari luar negeri, seperti cerita Timun Mas, Tangkuban Perahu. Begitu juga dengan lagu-lagu daerah yang tidak kalah maknanya dengan lagu-lagu modern, misalnya Kambing Saya, Ampar-Ampar Pisang, dan masih banyak lagi.

Membawa anak-anak ke Taman Mini Indonesia Indah yang terdapat rumah-rumah tradisional Indonesia bisa menjadi pelajaran bagi anak-anak tentang kebhinekaan bangsa ini sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme anak.

Memperkenalkan Permainan Tradisional

Anak-anak bisa diajak bermain permainan tradisional seperti congklak, ular naga panjang, bekel, top dan sebagainya. Permainan khas Indonesia ini dapat menambah pengetahuan sekaligus menjadi ajang bersosialisasi dengan teman sebaya anak-anak. Ternyata permainan Indonesia sangat seru dan bisa dimainkan bersama keluarga dan teman.

Mendidik Anak Menghargai Perbedaan

Sejak dini, anak harus belajar menghargai perbedaan, terutama dalam kaitannya dengan sikap nasionalisme dan antirasisme. Perlu ditekankan kepada anak-anak bahwa setiap manusia itu unik, diciptakan oleh Tuhan, dengan warna kulit, latar belakang budaya, suku, agama dan bahasa yang berbeda-beda.

Coba terapkan nilai semboyan negara, Bhinneka Tunggal Ika,  berbeda tapi tetap satu. Anak Indonesia harus menghormati dan menghargai perbedaan bukan menghina atau mengucilkan anak lain yang berbeda suku, agama atau latar belakang. Sikap ini harus ditanamkan pada anak dimulai dari keluarga.

Mengajak anak bermain dengan teman sebaya yang berbeda suku, agama dan latar belakang dapat menyadarkan mereka bahwa di tengah perbedaan, setiap manusia adalah sama.

Berikan Reward untuk Setiap Kebaikan

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk menanamkan sikap nasionalisme dan anak-anak lebih mencintai Indonesia, negaranya. Kamu juga bisa menyemangati anak dengan memberikan reward saat dia sudah mengaplikasikan nilai-nilai kebaikan. Berbicara soal reward, Barburger by Barapi bisa menjadi reward yang menyenangkan.

Restoran burger terenak ini menyediakan beragam menu burger, hotdog, chicken wraps, fried chicken, dan french fries. Tentunya, menu tersebut adalah favorit bagi anak-anak karena rasanya yang yummy. Ada juga promo PROKLAMASI yang akan mewarnai nuansa Hari Kemerdekaan. Stay Young Pleasure Forever!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *