7 Cara Mudah Untuk Menghemat Anggaran Makan

7 Cara Mudah Untuk Menghemat Anggaran Makan Burger Enak ala Restoran Burger Terbaik di Jakarta

Foodies, makan memang sudah menjadi kebutuhan pokok yang tentu nggak boleh dilewatkan. Ketika menerima gaji bulanan, sudah tentu Foodies akan menyisihkan sebagiannya untuk biaya makan karena ini memang pengeluaran yang pasti akan dikeluarkan setiap harinya. Nggak jarang, kita pun menghabiskan banyak budget untuk pengeluaran biaya makan.

Jika kita masih single dan hidup sendiri di kos atau apartment mungkin hal ini masih belum terlalu terasa ya, tapi bagaimana jika kita sudah berkeluarga atau mungkin mengatur anggaran makan untuk keluarga besar di rumah? Hmm, Tenang Foodies, mimin kali ini bakal share tipsnya kok. Nah, penasaran? Yuk simak ulasan di bawah!

7 Cara Mudah Untuk Menghemat Anggaran Makan Burger Enak ala Restoran Burger Terbaik di Jakarta
7 Cara Mudah Untuk Menghemat Anggaran Makan Burger Enak ala Restoran Burger Terbaik di Jakarta

#1 Membeli Bahan Makanan Dalam Jumlah Besar

Foodies, langkah awal yang kalian harus lakukan adalah dengan memprediksi kebutuhan bahan makanan yang bisa taham untuk waktu yang cukup lama, seminggu atau sebulan misalnya. Nah, jika sudah, kalian bisa membeli bahan makanan tersebut dalam jumlah yang besar sehingga harganya pun relatif lebih murah. Misalnya nih, membeli beras, tepung, gula, garam, mie, telur dan lain sebagainya.

#2 Masak Sendiri

Cara kedua adalah dengan mengolah makanan sendiri di rumah. Meski membutuhkan effort yang cukup besar, memasak sendiri tentu akan lebih sehat dan hemat. Eits, tapi tunggu Foodies. Memasak sendiri memang bisa jadi lebih hemat, tapi jika kalian belum cukup mahir dalam memperkirakan takaran bumbu, bahan makanan dan lain sebagainya, hal ini bisa juga membuat pengeluaran semakin bertambah.

Jangan sampai kalian justru kalap dengan membeli banyak bahan masakan tapi justru tidak terpakai dan terbuang. Solusinya, kalian bisa kok membeli sayur matang di warteg dekat rumah. Cukup sayur dan lauknya aja, dan sesuaikan dengan budget makan harian kalian. Cara ini cukup efektif bagi kalian yang belum mahir masak sendiri.

#3 Hindari Beli Makanan Berdasarkan Merek dan Prestige

Foodies, perlu kalian sadari jika beberapa makanan memiliki harga yang relatif lebih mahal karena brand atau lokasi dimana dia dijual. Nah, buat kalian yang sedang ingin berhemat, alangkah baiknya untuk menghindari membeli makanan berdasarkan merek apalagi mengejar prestige. Faktanya, masih banyak kok makanan serupa yang harganya lebih murah dengan rasa yang juga enak meski di jual di kaki lima atau warung sebelah rumah.

#4 Stop Beli Air Minum Kemasan

Meski terlihat murah, tapi jika di kalkulasi dalam sebulan, selalu membeli air minum kemasan akan menjadi pemborosan selagi kita bisa lebih hemat dengan membawa air sendiri di rumah. Misalnya nih ya, secara umum harga air minum kemasan 3000 rupiah kemasan tanggung, jika kita beli selama 30 hari, maka kita sudah mengeluarkan 150 ribu hanya untuk air minum kemasan.

Bukannya akan lebih hemat jika dana tersebut dialokasikan untuk membeli galon dirumah atau bahkan merebus air sendiri dan membawanya ketika beraktifitas di luar rumah. Pasti budget yang dikeluarkan nggak akan menghabiskan dana 150 ribu.

#5 Makan Dulu Sebelum Keluar Rumah

Tips selanjutnya adalah dengan makan dulu dirumah setiap Foodies akan beraktivitas ke luar rumah. Contoh simpelnya nih, Foodies mau pergi belanja bulanan ke supermarket dekat rumah, sebelum berangkat, lebih baik kalian mengisi perut hingga kenyang sehingga ketika pergi keluar, kalian nggak tergoda untuk membeli makan siang atau membeli banyak makanan diluar karena tertolong dengan perut yang sudah terisi penuh.

#6 Tanam Sayuran Di Pekarangan Rumah

Nah, tips cerdas selanjutnya adalah dengan menanam sendiri sayuran ataupun bahan makanan sendiri dirumah jika memang Foodies punya lahan yang mempuni. Sekalian mengisi waktu luang dirumah agar produktif, Foodies bisa kok memanfaatkan pekarangan sempit di samping atau belakang rumah dengan menanam sayuran yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Misalnya nih, menanam tomat, cabe, sawi dan lain sebagainya.

#7 Siapkan Anggaran Khusus untuk Makan Di Luar

Menjadi hemat nggak harus jadi pelit dan nggak menikmati hidup kok Foodies. Kalian masih bisa ajak keluarga atau meet up sama teman dengan makan di luar. At least, sekali dalam sebulan atau batasi dua bulan sekali, Foodies bisa menyiapkan anggaran untuk makan di liar sekalian refreshing. Ingat, jangan sampai pengeluarannya melebihi anggarannya ya.

Makan Burger Enak dengan Harga Ekonomis di Jakarta

Jika anak-anak kalian suka banget makan burger, nggak ada salahnya kok jika sesekali menyenangkan mereka dengan makan burger enak di luar. Untuk menenangkan budget kalian yang terbatas, kalian bisa ajakin keluarga atau temen makan burger enak, burger sehat dan burger halal di BarBurger by Barapi Meat and Grill. Restoran Burger Jakarta ini menyajikan varian menu burger yang beragam dan tentunya nggak Cuma bervariatif tapi juga enak, murah, sehat dan halal.

BarBurger juga merupakan rekomendasi restoran burger enak dan murah di Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kota Tangerang. Foodies bisa bebas memilih BarBurger Container ataupun mini restoran dimana kalian bisa sejenak bersantai dengan suasana yang hangat dan cozy. Penasaran nyobain burger enak Jakarta? Ya cuma burgernya BarBurger.

 

Stay Young Pleasure Forever!

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari Koinworks.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *