Burger vs Fried Chicken: Tips Mengolah Fried Chicken dan Burger Agar Jauh Lebih Sehat

Burger vs Fried Chicken: Tips Mengolah Fried Chicken dan Burger Agar Jauh Lebih Sehat

Hai Foodies! Di postingan sebelumnya, kita baru aja discuss soal Burger vs Fried Chicken, Mana yang jauh lebih sehat? Well, sejatinya, keduanya memang makanan cepat saji. Bahkan sebagian orang menyebutnya sebagai Junk Food karena mengandung gula dan garam yang cukup tinggi.

Namun, seorang ahli gizi menganjurkan untuk tidak menghindari keduanya karena keduanya sejatinya menyehatkan dan mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun, karena proses pemasakan yang kurang tepat, membuat kedua makanan lezat tersebut kehilangan nilai gizi yang akhirnya membuat mereka masuk dalam kategori makanan yang tidak sehat.

Burger vs Fried Chicken: Tips Mengolah Fried Chicken dan Burger Agar Jauh Lebih Sehat ala BarBurger
Burger vs Fried Chicken: Tips Mengolah Fried Chicken dan Burger Agar Jauh Lebih Sehat ala BarBurger

Masih di ahli gizi yang sama, ia bahkan menyarankan untuk lebih baik mengkonsumsi burger ketimbang Fried Chicken dengan extra sayuran tanpa tambahan kentang goreng ataupun cola. Namun, gimana kalau pas lagi pengen makan ayam goreng tepung? Huhu 🙁

Jangan sedih Foodies, mimin punya sejumlah tips nih, buat kalian penggemar Fried Chicken dan Burger. Ini sejumlah tips cara mengolah kedua masakan tersebut agar jauh lebih sehat dan aman dikonsumsi tubuh. Apa aja ya kira-kira? Penasaran? Yuk simak ulasan berikut!

Tips Mengolah Fried Chicken Agar Jauh Lebih Sehat

Satu porsi Burger memang dianggap jauh lebih sehat ketimbang mengkonsumi ayam goreng tepung. Tapi, sesekali boleh lah yaa, makan makanan ini. Untuk membuatnya jauh lebih sehat dan bersih, Foodies bisa kok mengolahnya sendiri di rumah. Ikutin cara-cara berikut ya:

#1, Pisahin Kulitnya Dulu

Meskipun kulit masih sering menjadi rebutan ketika makan di restoran cepat saji, namun sejatinya bagian kulit penuh dengan lemak dan kolesterol loh. Untuk membuat Fried Chicken lebih sehat, Foodies bisa memisahkan kulitnya terlebih dahulu. Intinya, jangan pakai kuah kalo mau makan ayam goreng tepung rendah kalori.

#2, Rendam Ayam Pake Buttermilk

Kenapa min? Nah, merendam ayam dengan buttermilk bertujuan untuk memecah protein dalam daging sehingga membuatnya empuk saat dimakan. Perendaman ini juga berfungsi untuk membuat daging ayam jauh lebih mudah menyerap bumbu-bumbu.

#3, Hindari Menggoreng dengan Teknik Deep Fry

Meskipun menggoreng Fried Chicken secara umum membutuhkan teknik Deep Fry, namun untuk membuatnya jauh lebih sehat, Foodies bisa kok menghindari teknik memasak ini. Sebagai gantinya, kalian bisa menggunakan oven. Panasin dulu ovennya hingga suhu 200 derajat celcius di awal, kecilkan dan masukin ayamnya. Dijamin, ayam bakal terasa enak dan renyah.

Tips Mengolah Burger Agar Jauh Lebih Sehat

Sebelumnya, mimin juga pernah bahas seputar membuat burger agar jauh lebih sehat, bisa baca disini bagi kalian yang ketinggalan artikelnya. Kali ini, mimin mau ulas lagi tips-tips membuat burger jauh lebih sehat. Seperti apa sih? Yuk simak..

#1 Pilih Daging Tanpa Lemak

Komponen penting yang harus diperhatikan pertama kali adalah masalah daging. Untuk burger yang jauh lebih sehat, mau nggak mau Foodies harus memilih daging burger dengan lemak sedikit dan kalori yang jauh lebih sedikit, meskipun harganya juga relatif lebih mahal.

#2 Masak Burger dengan Api Sedang

Nah, untuk membuat burger aman dari zat-zat karsinogen yang merupakan pemicu kanker, sebaiknya Foodies memasak burger menggunakan api sedang ya.

#3 Perhatikan Isian Burger

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan isian burger. Untuk membuat burger sehat, Foodies perlu mengisinya dengan komponen-komponen yang menyehatkan seperti selada, tomat, timun, bawang Bombay, telur, keju dan gunakan saus homemade dari tomat asli agar jauh lebih sehat dan bebas bahan pengawet.

Mau Burger Enak dan Fried Chicken Renyah?

Jika kalian penikmat kedua makanan tersebut, nggak afdhal rasanya jika kalian belum mencoba berkunjung ke Barburger by Barapi Meat and Grill Restoran. BarBurger adalah salah satu restoran burger di Jakarta yang menyajikan varian burger, fried chicken dan berbagai menu pendamping lainnya.

Tidak hanya rasanya yang lezat, BarBurger juga menjual varian burger murah dengan kualitas yang super premium. Udah deh, nggak papa kok sesekali makan burger dan ayam goreng tepung. Asal kalian juga mengkonsumsinya secara bijak, tidak berlebihan dan imbangi dengan gaya hidup sehat setiap hari.

 

Stay safe and healthy everyone

Stay young, pleasure more with BarBurger.

Sampai ketemu di outlet yaa..

 

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari Hallosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *