Tips Cerdas Mengolah Timun Jadi Acar yang Segar, Cocok Untuk Isian Burger

Tips Cerdas Mengolah Timun Jadi Acar yang Segar untuk Isian Burger by Restoran Burger Jakarta

Siapa disini yang suka banget sama sensasi segar acar timur sebagai isian burger? Jika iya, kalian wajib nih stok banyak timun di kulkas kalian kali aja kalian mau bikin burger sendiri dirumah tanpa harus jauh-jauh ke restoran burger terdekat. Tapi eh tapi, nyatanya mengolah timun menjadi acar yang enak dan segar tidak semudah membalikkan telapak tangan loh.

Tapi jangan worries, mimin disini punya tipsnya kok. Dijamin, dengan praktekin 5 Tips cerdas mengolah timun jadi acar yang segar di bawah, kalian pasti akan bisa menyulap burger kalian menjadi olahan yang sedap dan sempurna. Penasaran kan? Yuk simak ulasan berikut!

Tips Cerdas Mengolah Timun Jadi Acar yang Segar untuk Isian Burger by Restoran Burger Jakarta
Tips Cerdas Mengolah Timun Jadi Acar yang Segar untuk Isian Burger by Restoran Burger Jakarta

5 Tips Mengolah Timun Jadi Acar Yang Segar

#1 Pilih Timun yang Segar

Langkah paling awal harus dimulai dari proses pemilihan timun. Yup! Untuk membuat acar timun yang segar, terutama untuk isian burger, maka yang diperlukan adalah acar dengan diameter kecil dengan potongan ukuran sedang.

Potongan ini akan memudahkan untuk diolah dan meresap cairan cuka dimana penyusutan volume mentimunnya tidak terlalu banyak serta mampu membrikan tekstur crunchy ketika disantap.

Faktanya, ukuran timun ini sangat berpengaruh dengan tingkat peresapan cuka. Jika kalian menggunakan timun dengan ukuran yang cukup besar, maka hasil acarnya pun akan kembek dan tidak padat seperti pada timun dengan ukuran sedang.

#2 Gunakan Wadah Tertutup untuk Tempat Penyimpanan

Setelah mendapatkan timun yang tepat, maka kalian bisa langsung menyimpannya di wadah tertutup. Cara ini penting dilakukan untuk menjaga kesegaran timun. Kalian bisa menggunakan wadah kedap udara sebagai tempat penyimpanannya. Hal ini cukup membantu memperlama tingkat kesegaran timun sebelum akhirnya diolah menjadi acar.

#3 Rendam Timun Dalam Es

Jika kalian kesulitan menemukan wadah tertutup, kalian juga bisa merendam timun di dalam air es. Gunakan cara ini dan rendam timun selama kurang lebih 2 jam lamanya. Selain untuk kesegaran, penggunaan air es ini akan membuat warna hijau pada timun semakin keluar sehingga penampilannya akan jauh lebih bagus.

#4 Potong Bagian Ujung Timun

Kalian juga perlu untuk memotong bagian ujung timun untuk menghilangkan enzim yang membuat acar menjadi lembek. Tentu, acar akan semakin cepat basi jika teksturnya terlalu basah dan lembek.

Tips Membuat Acar Timun Yang Padat dan Kering

Setelah melalui proses pemilihan dan penyimpanan acar timun diatas, sobat foodies pasti semakin penasaran dengan cara membuat acar yang padat dan kering. Mau tanya caranya? Yuk catet list dibawah ini ya!

  1. Siapkan air dengan campuran cuka
  2. Masukkan seluruh timun yang akan dibuat acar
  3. Tambahkan sedikit teh ke dalam rendaman air
  4. Diamkan selama beberapa jam
  5. Angkat timun dan potong-potong sesuai selera
  6. Sajikan bersama burger atau makanan lainnya.

Loh min? kenapa pakai campuran teh? Fyi, campuran teh ini berfungsi sebagai pengikat kelembapan sehingga membuat tekstur acar timun menjadi padat dan kering. Tidak cukup sampai disitu, penggunaan teh ini juga bermanfaat sebagai bahan pengawet alami yang membuat acar menjadi lebih tahan lama.

Burger Enak dengan Kualitas Acar Timun Terbaik: BarBurger by Barapi Meat and Grill

Sudah tau cara membuat acar timun yang enak kan? Nah, sekarang saatnya kalian praktekin sendiri dirumah lalu share pengalaman kalian di kolom komentar ya, yuk kita sharing dan diskusi, kali aja nih sobat foodies dirumah punya cara lain dan menghasilkan hasil yang sama sempurnanya.

Anyway, buat kalian yang belum sempet praktek bikin acar timun sendiri untuk campuran burger enak favorit kalian, mimin punya solusinya nih. Kalian bisa kok beli burgernya langsung di BarBurger by Barapi Meat and Grill Restoran. Restoran burger Jakarta ini menawarkan berbagai varian burger, mulai dari beef burger, chicken burger, wraps hingga hotdog.

BarBurger by Barapi memberikan kualitas acar timun terbaik dengan bahan-bahan pilihan. Tapi eh tapi, kalian tidak perlu bayar mahal untuk ini. Harganya BarBurger bahkan dimulai dari 15K hingga 49K aja loh. Beli paket Burger Combo bahkan jauh lebih murah mulai harga 43K kalian udah dapetin Chesy Burger, French Fries dan Iced Milo atau Mango Peach.

Udah deh, untuk urusan burger enak, burger sehat, dan burger murah, serahin aja ke BarBurger, dijamin bakal memuaskan!

 

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari IDNTimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *