Komponen Wajib Burger Enak dan Halal, Apa Aja Sih?

Komponen Wajib Burger Enak dan Burger Halal, Apa Aja Sih

Saat ini, sudah terdapat ribuan restoran burger di Indonesia dan sedikitnya ratusan restoran burger Jakarta. Tentu, burger yang sejatinya merupakan sajian western kini semakin populer di Tanah Air yang digemari berbagai kalangan masyarakat dari berbagai rentang usia. Dengan harga yang bervariasi, sajian burger enak sangatlah mudah ditemukan baik di restoran kelas ternama maupun hanya outlet kaki lima.

Komponen Wajib Burger Enak dan Burger Halal, Apa Aja Sih
Komponen Wajib Burger Enak dan Burger Halal, Apa Aja Sih

Selain olahan burger enak, sebaiknya kita juga harus memperhatikan unsur kesehatan dan kehalalan burger yang kita konsumsi. Maka, sudah menjadi sesuatu hal yang wajib bagi kita, sebagai konsumen untuk lebih memperhatikan bahan baku dan komponen wajib yang biasa ada dalam seporsi burger.

5 Komponen Wajib Burger Murah, Enak dan Halal

Anyway, terdapat sejumlah komponen wajib dalam seporsi burger enak yang juga halal yang bisa kalian temui. Tentunya, sebelum menyantapnya, alangkah baiknya jika mengecek bahan bakunya sehingga konsumen muslim pun dapat dengan leluasa untuk menikmati rasa serta keberkahannya. Apa saja sih komponen wajib tersebut? Yuk simak ulasan berikut!

#1 Roti, pelapis isian sebagai sumber karbohidrat

Komponen pertama sudah tentu adalah roti burger yang digunakan sebagai sumber dari karbohidrat. Roti yang berfungsi sebagai penutup isian burger ini umumnya terbuat dari tepung terigu. Pada dasarnya, zat ini aman-aman saja dikonsumsi masyarakat muslim, namun beda cerita jika ada tambahan lain yaitu L-sistein.

L-sistein sendiri berfungsi meningkatkan sifat terigu menjadi lebih lembut dan mudah mengembang. Zat ini diperoleh dari rambut manusia maupun bulu unggas. Tentu, jika menggunakan rambut manusia, maka hal ini membuat roti burger menjadi tidak halal untuk dikonsumsi.

Selain L-sistein, tepung terigu juga mengandung gelatin yang pada umumnya terbuat dari lemak sapi yang sudah jelas halal. Namun, tidak jarang juga produsen tepung terigu yang menggunakan lemak babi sebagau tambahan tepung terigu.

#2 Daging, basic isian burger sebagai sumber protein hewani

Burger memang lebih nikmat jika dilengkapi dengan sajian daging, bisa menggunakan daging sapi, ayam maupun ikan. Olahan burger enak kekinian bahkan mengubah daging dengan menggunakan jamur, tempe dan tahu sehingga lebih ramah bagi konsumen yang sedang diet daging.

Berbicara tentang daging isian burger, sudah jelas bagi konsumen muslim untuk wajib menghindari olahan daging babi. Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan bahkan proses penyembelihan hewan, serta penyimpangan dagingnya yang sesuai dengan syariat kehalalan.

#3 Keju, campuran burger yang memberikan cita rasa gurih dan creamy

Bagi pecinta keju, tambahan keju dalam olahan burger menjadi wajib hukumnya. Memang, keju sendiri merupakan olahan susu yang kaya protein dan vitamin. Jelas, tambahan ini akan sangat lezat dan bergizi jika dipadu padankan dengan roti dan daging. Namun yang perlu digaris bawahi adalah bahan tambahan keju seperti kultur bakteri, enzim dan pewarna harus diperhatikan terutama untuk memasikan kehalalannya.

Enzim Rennet yang menjadi bahan baku pembuatan keju didapatkan dari hewan atau diproduksi secara microbial. Perkara halal haramnya, harus dipastikan dari jenis hewan hingga cara penyembelihannya.

#4 Mentega, pelapis roti burger dengan cita rasa gurih kaya vitamin

Sama halnya dengan gelatin pada campuran tepung terigu, mentega berasal dari minyak dan lemak nabati maupun hewani. Jika pembuatan mentega berasal dari lemak hewani, maka perlu diperhatikan jenis hewan apakah yang digunakan, cara penyembelihan juga termasuk cara pengolahan mentega. Jika diolah melalui proses fermentasi, hal ini sangat beresiko karena media tumbuh bakteri yang rawan tercampur ke dalam mentega.

#5 Bahan lain, pelengkap lain seperti sayur dan saus

Komponen terakhir adalah bahan-bahan pendukung lain seperti sayuran dan saus. Sayur wajib ditambahkan yang berfungsi menambah kesegaran dan sumber vitamin dalam sajian seporsi burger.

Kemudian, komponen yang tidak kalah pentingnya adalah saus tomat, sambal maupun penyedap seperti mustard. Bahan baku mustard sendiri merupakan biji mustard yang wajib diperhatikan proses pengolahannya hingga tambahan bahan baku lainnya.

Dimana Menikmati Burger Enak dan Halal di Jakarta?

Salah satu restoran burger di Jakarta yang sudah dijamin kehalalannya adalah BurgerBar by Barapi Meat & Grill. Meski belum mengantongi surat keterangan sertifikasi Halal dari MUI, resto spesialis menu burger enak ini selalu menggunakan bahan baku halal dengan menerapkan cara islami. Baik itu cara menyembelih, menyimpan, memasak hingga distribusinya, semua dilakukan secara bersih dan higienis dan bebas dari kontaminasi bahan-bahan non-halal.

Dengan berbagai menu pilihan, customer tidak perlu cemas dengan kehalalan bahan baku maupun proses pembuatan dalam setiap elemen dalam menu BurgerBar Jakarta. Tidak perlu khawatir, harganya pun relatif terjangkau sehingga membuat restoran ini juga dijuluki sebagai salah satu restoran burger murah di Jakarta dengan kualitas rasa premium.

Penasaran? Main ke outletnya, yuk!

By: Fithrotul Izzah dengan mengutip dari https://khazanah.republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *